SEKILAS INFO
: - Jumat, 30-07-2021
  • 1 tahun yang lalu / Link Website Cek kelulusan Siswa/i Gelombang II SMKN 4 Kupang : https://smkn4kupang.sch.id/agenda/ Link Download : https://smkn4kupang.sch.id/download/
SMKN 4 Kupang Membentuk Seameo International Class

Kupang-smkn4kupang.sch.id – Upaya peningkatan mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan khususnya di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), perlu terus dikembangkan sesuai amanat Inpres nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. SMK Negeri 4 Kupang sebagai salah satu ternama dikota Kupang selain sedang fokus untuk pembenahan sarana prasarana sekolah, juga terus menggiatkan hubungan kerjasama luar negeri khususnya dengan negara-negara ASEAN.

Kepala SMKN 4 Kupang, Semi Ndolu, S.Pd yang ditemui disela-sela acara pembukaan “Seameo International Class” di Aula Sekolah SMK Negeri 4 Kupang pada Senin (3/2/ 2020, mengatakan bahwa pembentukan Seameo International Class ini merupakan wujud follow up kerjasama antara SMK Negeri 4 Kupang dengan sejumlah sekolah dan Politeknik di Kamboja pada akhir November 2019 lalu. “Jadi ini merupakan bagian dari persiapan sekolah bagi 15 orang siswa yang akan didampingi oleh guru-guru bahasa Inggris selama 4 bulan ke depan, agar conversation dan grammar mereka lebih baik lagi, sehingga ketika dikirimkan ke luar negeri, mereka sudah tidak merasa canggung lagi dalam berkomunikasi,” ujar Semi.Sosok pemimpin muda berkarakter yang adalah alumni UKAW Kupang tahun 2003 ini, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 ini, setiap siswa dan guru perlu memiliki minimal 5 kompetensi khusus yakni : Complex problem solvingCritical Thinking, Creativity, Emotional Intelligence, dan Service Orientation. “Ini penting, kalau ingin survive (bertahan), kalau ingin keluar dari ketertinggalan,” tambahnya. Untuk diketahui bahwa SMK Negeri 4 Kupang, atas dukungan dari lembaga Seameo Semolec telah bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi baik di dalam negeri maupun di luar negeri. SEAMEO SEAMOLEC adalah sebuah institusi yang bernaung dibawah Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se Asia Tenggara yang bertanggung jawab untuk mengembangkan Pendidikan Terbuka dan Pendidikan Jarak Jauh di Asia Tenggara, dimana kedepan dapat terwujud impian “just one nation” yaitu ASEAN yang saling mendukung untuk berkompetisi dengan negara-negara lainnya. Acara pembukaan Seameo International Class oleh kepala SMKN 4 Kupang tersebut dihadiri oleh para orang tua siswa, para siswa dan guru pembimbing. Dalam kesempatan tersebut beberapa perwakilan orang tua siswa memberi apresiasi dan mengaku sangat bangga karena anak-anak mereka dapat lolos mengikuti seleksi oleh para guru. “Intinya kami sangat mendukung pembentukan kelas khusus ini, harapan kami kiranya anak-anak kami bisa dikirim ke luar negeri baik melalui jalur beasiswa maupun melalui jalur mandiri,” harap salah satu orang tua siswa.

 

sumber : ranaka-news

TINGGALKAN KOMENTAR

Video Terbaru

Maps Sekolah

Statistick Pengunjung

  • 0
  • 147
  • 152
  • 189.267