SEKILAS INFO
: - Jumat, 30-07-2021
  • 1 tahun yang lalu / Link Website Cek kelulusan Siswa/i Gelombang II SMKN 4 Kupang : https://smkn4kupang.sch.id/agenda/ Link Download : https://smkn4kupang.sch.id/download/
SMKN 4 Kupang MoU dengan Kamboja

KUPANG, smkn4kupang.sch.id – Dalam rangka meningkatkan daya saing dan mutu pendidikan di SMKN 4 Kupang, berbagai terobosan telah dilakukan oleh kepala SMKN 4 Kupang, Semi Ndolu, S.Pd bersama para Pendidik atau Tenaga Kependidikan dan Komite Sekolah, salah satunya adalah melalui jalinan kerjasama dan kemitraan baik dengan institusi dalam negeri maupun di luar negeri.

Sebagai satu-satunya SMK di kota Kupang yang konsen di bidang seni dan industri kreatif, SMKN 4 Kupang ditetapkan sebagai SMK Revitalisasi, yang mana perlu terus melakukan inovasi dan continual improvement dalam berbagai bidang, diantaranya: penyelarasan dan sinkronisasi kurikulum yang dapat menjawab tantangan revolusi industri 4.0, ketersediaan sarana prasarana yang memadai, penyiapan SDM pendidik atau tenaga kependidikan dan siswa yang handal, serta kerjasama dengan industri atau institusi terkait.

Dalam hal kerjasama ini, kepala SMKN 4 Kupang, Semi Ndolu yang diwawancarai media ini  via telepon selulernya, Minggu (1/12/2019), menyampaikan bahwa sejak tanggal 27 November sampai 2 Desember 2019, SMKN 4 Kupang melalui Direktur SEAMEO SEAMOLEC, Dr. Gatot Hari Priowirjanto bersama Mr. Vuthy dan Dr. H. Syahril, MM memfasilitasi pelaksanaan MoU antara SMKN 4 Kupang dengan sejumlah lembaga pendidikan di Kamboja, diantaranya National Polytechnic Institute of Cambodia (NPIC), Regional Polytechnic Institute Techo Sen Takeo, Preah Bat Preah Norodom Sihamoni General and Technical High School, Academi of Career and Tecnology.
Kunjungan dan kerjasama ini diawali dengan kegiatan ceremoni pembukaan di Kampus NPIC yang dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Kamboja, Sudirman Haseng dan President Director NPIC serta sejumlah kepala sekolah vokasi terkemuka di Kamboja.

Adapun poin Kerjasama dalam rangka Benchmarking Programme ini antara lain, di bidang pengembangan kurikulum, kompetensi guru dan siswa, administrasi dan manajemen sekolah. Sehingga mulai tahun depan, para siswa dan guru dari kedua negara bisa saling kunjung dan belajar bersama, bahkan pihak NPIC bersedia untuk menerima mahasiswa lulusan dari SMK di Indonesia, termasuk dari SMKN 4 Kupang untuk melanjutkan kuliah di NPIC tanpa dipungut biaya pendidikan (gratis) dan disediakan asrama untuk tinggal.

Selain itu dalam kunjungan kerjasama ini, lanjut Semi bahwa terdapat sejumlah value yang dapat diimplementasikan di SMKN 4 Kupang dimana peraturan Kamboja melarang siswa mengendarai sepeda/motor dlm lingkungan sekolah.
“Disini pendidikan karakter sangat ditekankan oleh para guru, mereka sangat menghargai tamu dan sangat disiplin. Tampak sejumlah siswa mendorong motor saat keluar dari halaman sekolah pada jam istrhat, dan hebatnya lagi para siswa kembali ke rumah untuk makan siang lalu setelah kurang lebih 2 jam istirahat, mereka kembali lagi ke sekolah untuk melanjutkan KBM sampai pukul 16.00,” tutur Semi.

Salah satu guru yang ikut serta dalam kegiatan Benchmarking di Kamboja yang juga adalah wakil kepala sekolah Bidang Kurikulum SMKN 4 Kupang, Harry K.F. Ledoh, S.Pd menyampaikan kebahagiaannya bisa diikutkan dalam kegiatan ini sehingga sekembalinya dari Kamboja bisa langsung diimplementasikan di sekolah, Harry yang adalah salah satu guru bahasa Inggris ini berharap kiranya sekolah-sekolah yang lain di NTT juga dapat melakukan terobosan yang sama, tidak hanya dengan Kamboja tapi juga dengan negara-negara ASEAN lainnya dan juga China, Jerman, dan sebagainya sehingga ke depan hanya ada one nation yakni ASEAN yang maju secara bersama, dan siap berkompetisi dengan negara-negara diluar ASEAN. (MD)

sumber : ranaka-news.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Video Terbaru

Maps Sekolah

Statistick Pengunjung

  • 0
  • 41
  • 185
  • 189.346