SEKILAS INFO
: - Minggu, 07-03-2021
  • 8 bulan yang lalu / Link Website Cek kelulusan Siswa/i Gelombang II SMKN 4 Kupang : https://smkn4kupang.sch.id/agenda/ Link Download : https://smkn4kupang.sch.id/download/
SMKN 4 Kupang Tanda Tangan MoU dengan UPG 45 NTT

KUPANG, RANAKA-NEWS.com – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Kupang melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dengan Universitas Persatuan Guru 1945 (UPG 45) NTT.
Penandatanganan Memorandum of Understanding ini dilakukan oleh Rektor UPG 45, David Selan, SE.MM dan kepala SMKN 4 Kupang, Semi Ndolu, S.Pd.

Penandatanganan MoU ini dilakukan di ruang kerja kepala SMKN 4 Kupang pada Kamis (19/3/2020).
Kepala SMKN 4 Kupang, Semi Ndolu, S.Pd mengatakan penandatanganan MoU ini berarti bahwa SMKN 4 Kupang senantiasa membuka diri untuk selalu bekerjasama dengan pihak manapun.

“Terkait ruang lingkup nota kesepahaman ini, kami dari SMK 4 senantiasa membuka diri untuk selalu bekerja sama dengan pihak manapun, baik itu perguruan tinggi atau institusi lain,” ungkapnya.
Pada prinsipnya kalau kita melakukan nota kesepahaman itu berarti ada asas manfaat disana untuk kedua belah pihak.
“Kami melihat bahwa ada potensi-potensi yang dapat di kembangkan di SMKN 4 Kupang butuh sentuhan bantuan dari pihak lain.

Nah ketika kami bertemu dan berdiskusi dengan bapak David (Rektor UPG 45), ternyata kami melihat bahwa ketika kita bermitra dan bekerjasama ada hal-hal yang sebelumnya tidak pernah dikerjakan di sekolah ini bisa kita kerjakan bersama,” jelas Semi.
Semi mencontohkan seperti masalah marketing yang ada di SMKN 4 Kupang.

“Siswa kita bersama guru-guru kejuruan biasanya membuat produk-produk yang dijual oleh unit produksi kita. Kelemahan kita adalah masalah marketing. Soal produksi siapa yang meragukan produknya. Saya mengatakan ini karena orang sekelas Ibu Gubernur atau ketua DEKRANASDA provinsi saja memesan produk dari disini, kemudian dari DEKRANASDA Flores Timur juga memesan disini. Artinya bahwa kualitas produk kita bisa berkompetisi dengan produk-produk di luar sana. Tapi kelemahan kita adalah marketing,” tambah Semi.
Lebih lanjut Semi menambahkan semoga dengan adanya penandatanganan MoU ini bisa membantu marketing pada SMKN 4 Kupang.

“Karena bisa jadi dengan kerjasama ini, kita sangat dibantu untuk bagaimana caranya melakukan proses marketing yang baik untuk produk-produk yang ada, Karena sebaik apapun sebagus apapun produknya tapi kalau marketingnya lemah juga tidak laku sama saja buat apa. Karena itu kita perlu adanya link and match. Jadi konsep link and match disini artinya apa yang dipelajari di sekolah mesti matching, mesti sesuai dengan kebutuhan di pasar dengan dunia industri,” jelas Semi.

Semi juga menegaskan bahwa penandatanganan MoU ini tidak berpengaruh terhadap jumlah siswa yang akan mendaftar di UPG45.
“Kita tidak membatasi, pada prinsipnya kita dari SMKN 4 mensupport sepenuhnya untuk memberikan bantuan sosialisasi kepada siswa-siswa kami yang berminat ke sana, jadi tidak ada ikatan berapa jumlahnya. Tapi kita harapkan siswa-siswa yang mendengarkan sosialisasi mudah-mudahan mereka bisa mendaftar ke sana. Tugas kita hanya mendorong tapi kita tidak bisa memaksa mereka harus kuliah di sana,” terang semi.

Semi mengharapkan agar dengan adanya MoU ini dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 4 Kupang.
“Dengan MoU ini diharapkan akan memperkuat barisan di SMKN 4 bersama UPG45. Menurut saya justru memperkuat fondasi upaya kita meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 4 dalam berbagai bidang. Jadi akhirnya kerjasama ini bisa meningkatkan kompetensi siswa secara lebih komprehensif lagi. Jadi bukan hanya pada bidang yang kita ajarkan disini tapi ada bidang-bidang lain yang ketika kita melakukan kolaborasi ternyata itu bisa dorong lebih baik lagi,” tutup Semi.

Penulis : Eddy Amasanan
Sumber : Ranaka-news.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Video Terbaru

Maps Sekolah

Statistick Pengunjung

  • 0
  • 119
  • 521
  • 94.698