Program Keahlian Teknik Furnitur

Program Keahlian Teknik Furnitur

Apakah Anda tertarik mempelajari tentang Teknik Furnitur? Yuk, kita simak selengkapnya mengenai teknik Furniture dibawah ini.

Karakteristik Program Keahlian Teknik Furnitur

Program keahlian Teknik Furnitur yang berdiri tahun merupakan program keahlian seni rupa yang memiliki kompetensi keahlian yang dulunya dikenal dengan nama Desain Interior dan Landscaping, kemudian berubah nama menjadi Desain Interior dan Teknik Furnitur sesuai spektrum Perdirjendikdasmen No. 06 Tahun 2018 dan kemudian menjadi program keahlian Teknik Furnitur pada Kurikulum Operasional Sekolah SMK Pusat Keunggulan.

Pada dasarnya lulusan kejuruan Teknik Furnitur diharapkan dapat menjadi seseorang yang terampil dibidang desain dan aplikasi untuk pembuatan mebel, interior ruangan, dan bidang bangunan lainnya yang berbentuk aksesori atau kelengkapan bangunan (rumah) pada umumnya. Dengan ketrampilan dasar yang dimiliki siswa furnitur diharapkan juga siswa kedepannya dapat menjadi seorang pendesain yang selalu memberikan kekreatifan gagasan ide baru pada setiap produk yang dihasilkan.

Secara harafiah furnitur adalah semua bahan-bahan perabot/mebel rumah tangga atau perkantoran yang bahan dasarnya terbuat dari kayu dan bahan pendukung lainnya yang memiliki nilai fungsi dan keindahannya. Kompetensi yang diajarkan pada siswa teknik furnitur meliputi mata pelajaran umum dan kejuruan. Khusus untuk mata pelajaran kejuruan yang diajarkan di bengkel kerja, siswa akan diajarkan pendesainan mebel yang meliputi penggambaran rencana benda, melukis benda kerja, perhitungan kebutuhan bahan, pemilihan bahan yang baik dan lain-lain. Selain itu praktek siswa juga akan terfokus pada pembuatan mebel dengan penggunaan kayu bulat sampai dengan bahan jadi, seperti membuat sambungan konstruksi mebel seperti pintu, almari, kitchen set, dan yang lainnya sampai dengan tingkat akhir finishing mebel. Dengan alur kerja yang dibuat tersistematis ini diharapkan siswa nantinya akan siap terjun ke dunia kerja. Program Keahlian ini mendapatkan dukungan dari mitra partner / DUDIKA seperti PT Barelang/ Dimensi Interior, Quensa Interior, dsb. Bahkan hampir setiap tahunnya lulusannya direkrut oleh mitra partner ini.

Program Keahlian Teknik Furnitur ini memiliki tujuan yaitu:

  1. Terwujud Iman dan Taqwa serta sikap Profesional pada seluruh siswa.
  2. Terwujud proses pendidikan dengan sistem Teaching Factory.
  3. Terwujud lulusan yang kompeten di bidang Desain Interior dan Teknik Furnitur.
  4. Terwujud lulusan yang semangat pendidikan berkelanjutan dan berwirausaha.
  5. Terwujud lulusan yang peduli pada lingkungan hidup.
  6. Terwujudnya Pengembangan pelayanan prima terhadap stakeholder, antara lain:
    • Civitas sekolah berupa kebutuhan informasi pengembangan standar layanan minimal
    • Peserta Didik, Orang Tua atau Wali Peserta Didik berupa layanan informasi, administrasi, kegiatan belajar mengajar, kerjasama dengan Dunia Kerja, proses seleksi dan penempatan Peserta Praktik Kerja Lapangan (PKL).
    • Masyarakat berupa informasi pendaftaran Peserta Didik baru, informasi diklat, informasi kerjasama industri, jenjang karir, informasi lulusan.
    • Dunia Kerja berupa pelayanan informasi proses seleksi dan penyaluran lulusan, serta pengembangan sumber daya.

Foto Jurusan

Bagikan :

Jurusan Sekolah

Program Keahlian Desain ...
Program Keahlian Teknik ...
Program Keahlian Teknolo...
Program Keahlian Desain ...

Agenda Sekolah

Selasa, 16 April 2024
Ujian Satuan Pendidikan 2024
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik
Kamis, 21 Maret 2024
Uji Kompetensi Keahlian 2024
00
Hari
00
Jam
00
Menit
00
Detik

Pengumuman Sekolah

Libur Isra Mi'raj Nabi M...
Libur Tahun Baru Imlek 2575
Libur Nyepi Tahun Baru S...

Download App SMK Negeri 4

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman

Hubungi kami di : (0380) 821586

Kirim email ke kamismknegeri4kpg@gmail.com

Download App SMK Negeri 4

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman